Senin, 27 Juli 2020 Prodi Magister Psikologi Profesi UAD mengadakan acara Sumpah Profesi Psikolog yang diadakan melalui daring di daerah nya masing-masing. Acara ini diikuti oleh lima lulusan Magister Psikologi Profesi UAD yaitu Rion Nofrianda S.Psi.,M.Psi , Ismi Zulaehah S.Psi.,M.Psi , Nurul Hasanah S.Psi.,M.Psi , Rani Tunbaity Gultom S.Psi.,M.Psi , dan Muhammad Ridwan Saputra S.Psi.,M.Psi.

Penyumpah dalam acara tersebut yaitu Dr. Siti Urbayatun, M.Si., Psikolog (Kaprodi Magister Psikologi Profesi UAD), dikukuhkan oleh Drs. Mujidin sebagai rohaniawan muslim dan disaksikan oleh Dr. Andik Matulessy, M.Si, Psikolog sebagai perwakilan HIMPSI. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara Sumpah Profesi Psikolog yang diwakili oleh Muhammad Ridwan Saputra S.Psi.,M.Psi, penyumpah dan rohaniawan dengan disaksikan oleh perwakilan HIMPSI.

Dalam kesempatan tersebut Dr. Andik Matulessy, M.Si, Psikolog menyampaikan beberapa pesan kepada para psikolog baru untuk selalu selalu meningkatkan kompetensi yang terdiri dari 4 pilar yaitu selalu meningkatan pendidikan yang sudah ditempuh, skill yang harus selalu ditingkatkan yang bisa didapatkan melalui workshop pelatihan pkpp dsb, experience atau pengalaman yang harus selalu diasah karena belum tentu dunia realitas selalu match dengan pengetahuan yang kita dapatkan, dan yang terakhir pilar terpenting adalah value (etika) karena ketika seorang Psikolog mempunyai pengetahuan bagus, skill bagus, banyak pengalaman tetapi kalau tidak ditopang dengan etika bagus, sikap yang bagus tentu akan menyebabkan ketidakpercayaan kepada publik.

Diakhir kata beliau menyampaikan pesan di tengah pandemic ini perlu adanya bantuan dari para seluruh Psikolog untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan terkait pandemic tersebut.